News Update :

Tabung Kosong Kalahkan Calon Kades

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sri Menanti,  Kecamatan Buay Pemaca digelar kemarin (21/8) harus kembali digelar mulai dari proses awal, setelah adanya kepastian dari Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, pasalnya warga yang mempunyai hak pilih lebih menyukai tabung kosong ketimbang calon kepala desa yang ada.
Dari jumlah penghitungan suara yang digelar sekitar pukul 14.00 dari total pemilih di Desa Sri Menanti sebanyak 1169 seda tidaknya 969 warga menberikan hak pilihnya sedang 200 warga tidak menggunakan hak pilih mereka.  Dalam pemilihan tersebut calon kades nomor urut satu Fahmi Elmanuzi mendapat perolehan suara sebanyak 472 suara, sedang 485 suara diperoleh tabung kosong dengan nomor urut dua, sisanya 16 suara dinyatakan blangko.
Dari pantauan dilapangan proses pilkades Sri Menanti berjalan lancar bahkan saat penghitungan suara warga pun memenuhi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di halaman kantor kades Sri Menanti termasuk unsur pimpinan kecamatan ikut hadir termasuk kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten OKU Sealtan.
Ketegangan juga terlihat dari masyarakat yang menyaksikan proses penghitungan suara sebab suara yang diperoleh Fahmi Elmanuzi dan tabung kosong saliang bergantian memimpin hingga akhirnya dipastikan tabung kosong unggul 13 suara.
Camat Buay Pemaca, Syamsurizal SH usai penghitungan suara mengatakan pemilihan yang digelar sudah sesuai dengan peraturan yang ada, bahkan sebelum pemilihan pihak panitia sudah tiga kali membuka pendaftaran calon kepala desa, namun dari awal hanya satu calon yang mendaftar yakni Fahmi Elmanuzi dan dari hasil kesepakatan pemilihan tetap dilaksanakan
“Ini sudah demokrasi namun dari awal pendaftaran calonnya hanya satu sehingga kesepakatan tetap
dilaksanakan pada hari ini,” ujarnya
Pihaknya juga tetap menghimbau masyarakat untuk dapat menghormati keputusan yang ada, termasuk menjaga suasana tetap kondusif. Untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat Desa Sri Menanti pihaknya akan mempersiapkan Pejabat Sementara Kades Sri Menanti yang ditunjuk dari salah satu pegawai Camat Buay Pemaca.
“Kita meminta masyarakat tetap tenang, jangan ada gejolak baik antara pemilih calon kades maupun warga yang memilih tabung kosong, proses pilkades ini akan kita kirim ke BPMD Kabupaten OKU Selatan,” tuturnya.  
Sementara itu, kepala BPMD OKU Selatan A Ahyan Abdullah SSos MSi mengatakan pemilihan tersebut sudah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 tahun 2006 tentang tata cara pemilihan kepala desa, ditambah dengan hasil rapat dengan panitia pemilihan yang menyatakan kesiapan untuk mengelar pilkades tersebut
“Dari hasil rapat panitia mengaku semua siap dan tidak ada kendala, dengan hasil itu pelaksanaan tetap dilaksanakan,” ujarnya
Menurutnya hasil pemilihan kades yang dimenangkan tabung kosong akan kembali diulang, dengan cara hasil pemilihan akan ditetapkan melalui rapat Badan Perwakilan Desa (BPD) dan dilaporkan ke pihak kecamatan dan BPMD OKU Selatan, untuk selanjutnya ditetapkan kembali petugas dan waktu pemilihan yang baru.
“Pemilihan kepala desa Sri Menanti yang dimenangkan tabung kosong merupakan yang pertama terjadi saat saya menjabat Kepala BPMD, kita akan menunggu proses hasil musyawarah untuk menentukan kapan pelaksanaan pilkades akan digelar kembali,” terangnya.
Sedang Kapolsek Buay Pemaca, Iptu Ujang Abdul Azis meminta masyarakat tidak bertindak melawan hukum setelah memilihat hasil penghitungan. “Kita juga akan memantau kondisi di sini jangan sampai ada gejolak yang dapat merugikan masyarakat itu sendiri apalagi jika sampai ada tindakan melawan hukum,” tegasnya. 
Share this Article on :
Comments
0 Comments

0 komentar:

 

© Copyright 2013 | DESIGN BATURAJA INDO WEB Jasa pembuat website dan Blog murah .