Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Angin Kencang Rusak Tanaman Padi

Hujan deras disertai terjangan angin kencang yang beberapa hari terakhir terus melanda wilayah Kecamatan Banding Agung, menyebabkan banyak tanaman padi petani tumbang. Akibatnya, padi-padi tersebut terancam rusak, hingga bisa berpengaruh terhadap hasil panen.
Salah satu wilayah yang banyak mengalami kerusakan tanaman padi akibat hujan dan angin kencang tersebut yaitu sepanjang pesisir Danau Ranau, dan sebagian persawahan di Desa Surabaya.
Pantauan di lokasi, Kamis, (25/7) kemarin, tampak beberapa petak sawah warga kondisi tanaman padinya banyak yang tumbang atau rebah akibat sapuan angin kencang dan sebagian terendam air. Padi yang tumbang ini diperkirakan lebih dari saru hektar, dan sebagian tanaman lagi masih berdiri.
Sudi, salah satu pemilik sawah mengatakan, dari satu hektar luas areal persawahan miliknya, seperempat hektar diantaranya mengalami kerusakan karena tanaman padinya roboh diterjang angin dan hujan deras. Menurutnya, angin kencang yang memporak-porandakan tanaman padinya itu, terjadi Rabu siang sekira Pukul 14.00WIB. Selain itu, hujan deras yang mengguyur seharian kembali juga mempengaruhi tanaman padinya.
“Saya perkirakan sekitar 1/4 hektar lahan sawah saya yang rusak padinya akibat angin dan hujan. Walaupun sedikit pastinya berdampak pada hasil panen dan bisa jadi merugi,” ujar Sudi.
Menurutnya, memang dalam beberapa hari belakangan kondisi cuaca cenderung ekstrim hujan deras diikuti terjangan angin kencang. Menurutnya di beberapa lainnya juga banyak petani yang mengalami kejadian serupa, bahkan lebih parah. “Biasanya kalau sudah roboh, tanaman padinya akan mati dan gagal panen,” keluhnya.

Menurut dia, selain kualitas gabah yang diperkirakan menurun, hasil panen gabah kering juga diperkirakan berkurang. sebab, normalnya kata dia, dengan luas seperempat hektar bisa menghasilkan antara satu hingga dua kwintal gabah kering. “Kalau sudah begini, hasil panen juga bisa anjlok,” tukasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel