Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Ridwan Mukti Bantu 1.050 Siswa

OKU Selatan
Ridwan Mukti

MUSI RAWAS - Bupati Musi Rawas H Ridwan Mukti menegaskan, anak-anak yang bersekolah di Musi Rawas tidak boleh ada satu pun yang putus sekolah, semiskin apapun mereka. Hal itu disampaikan Ridwan Mukti saat penyerahan bantuan kepada 1.050 siswa SLTP di Kecamatan Tuah Negeri, Musi Rawas, Sumatera Selatan, Minggu (18/11).
"Saya minta tidak boleh seorang pun yang putus sekolah, semiskin apapun mereka," tegas mantan anggota DPR RI dua periode ini.
Menurut Ridwan, pendidikan gratis yang sudah ada masih belum cukup meringankan beban masyarakat, terutama masyarakat tidak mampu.
“Walau pendidikan sudah gratis namun tetap menjadi kendala bagi mereka yang tidak mampu. Karena itu saya beriniasif bersama dinas Sosial untuk mengumpulkan anak-anak yang tidak mampu agar diberikan santunan supaya mereka tetap sekolah,” kata Bupati Ridwan Mukti.
Fungsionaris DPP Partai Golkar ini berharap, dengan tetap memperhatikan pendidikan, dia ingin melihat ke depan, anak-anak dari Musi Rawas mampu berkontribusi dalam pembangunan bangsa ini, dengan bekal karakter diri yang Qurani.
"Saya mempunyai impian ingin melihat 30 tahun mendatang anak-anak dari Musi Rawas mampu berkontribusi dalam pembangunan bangsa ini," harapnya.
Program beasiswa ini merupakan bagian dari program Musi Rawas Darussalam, dengan salah satu pilar utama dari program Musi Rawas Cerdas.
Total bantuan yang diserahkan pada acara tersebut sebesar Rp1,05 miliar, atau Rp1 juta per siswa. Selama tujuh tahun kepemimpin Ridwan Mukti di Musi Rawas, Ridwan Mukti memang dikenal sangat memperhatikan dunia pendidikan. Selain memberikan bantuan kepada siswa, dia juga terus meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru, dan mengejar pembangunan gedung sekolah hingga universitas.
Dari tahun 2005 hingga 2011, dia berhasil “mengejar” pembangunan sekolah dua sampai tiga kali lipat dari awal dia memimpin daerah ini. Langkah itu  bersamaan dengan cepatnya pembangunan jaringan jalan dan jembatan yang menembus seluruh kecamatan yang ada di kabupaten yang memiliki luas 1.236.582,66 ha ini.
Sebagai gambaran cepatnya pembangunan sekolah itu, misalnya, untuk TK dari sebelumnya hanya 46 sekolah (2005) menjadi 153 sekolah (2011), kemudian SMP/MTS dari hanya 51 sekolah (2005) melonjak menjadi 128 sekolah (2011), kemudian SMA/MA dari hanya 16 sekolah (2005) menjadi 42 sekolah (2011), dan SMK dari 1 sekolah (2005) menjadi 6 sekolah (2011).
Total jenderal, jumlah sekolah yang ada di Musi Rawas mulai dari TK hingga SMA atau sederajat hingga tahun 2011 berjumlah 795 sekolah, plus satu universitas yakni Universitas Musi Rawas. Jumlah itu belum lagi ditambah 31 unit pondok pesantren.
Ridwan Mukti sendiri sebelumnya telah menetapkan target di kabupaten yang berpenduduk 535.614 jiwa ini, yakni di setiap kecamatan terdapat minimal 1 SMAN/SMK, 2 SMPN/MTS, dan 1 SD/MI di setiap desa/kelurahan. Namun dengan perkembangan yang ada ini, Sang Bupati telah memberikan lebih banyak. (rel)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel