Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Empat Desa Terancam Terisolir


OKU SELATAN - Jalan penghubung empat Desa di Kecamatan Tiga Dihaji, Kabupaten OKU Selatan terputus sejak sore kemarin (24/11) sekitar pukul 17.00 WIB. Jalan yang terletak di Desa Sukarna tersebut baru kembali bisa dilalui pukul 08.00WIB kemarin (25/11)
Terputusnya badan jalan yang menghubungkan Desa Surabaya dengan Desa Sukarna, Karang Pendeta, Kota Agung dan Desa Sukabumi Pauh Kecamatan, Tiga Dihaji itu, dipicu akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu Juma’at sore. Air hujan yang megalir  dibadan jalan mengikis bagian yang memang sejak lama sudah amblas hingga kedalama lebih dari 10 meter itu.
Warga Desa Sukarna, Herman mengungkapkan, jalan itu semula masih bisa dilalui kendaraan roda empat meskipun kondisi badan jalan memang sudah menggantung akibat sebagian amblas ke jurang sedalam lebih dari 10 meter. Nah sejak sore kemarin jalan benar-benar terputus, tak bisa lagi dilalui kendaraan terlebih kendaraan roda empat.
“Karena jalan yang tersisa tinggal satu meter, sedang ada empat desa lagi yang terancam terisolir jika jalan itu kembali benar-benar terputus. Ke empat desa itu  yakni  Desa Sukarna, Karang Pendeta, Kota Agung dan Desa Sukabumi Pauh,”ungkap Herman.
Acaman terisolirnya empat desa dengan hampir sekitar 10000 jiwa ini sebab, tidak ada jalan alternatif untuk dilalui tanpa melintasi jalan tersebut. “Jalan itu menjadi penghubung satu-satunya ke empat desa itu, bukan saja untuk keperluan masyarakat mengankut keluar hasil bumi mereka, jalan itu juga menjadi akses bagi anak-anak sekolah menuju SMP yang ada di Desa Peninggaran,” bebernya.
Ditambahkan Parwanto, warga Desa Surabaya, jika hujan tersus berlangsung dan jalan itu tak segera ditanggulangi maka tidak menutup kemungkinan jalan akan benar-benar terputus. Untuk itu Ia berharap pemerintah segera turun tangan menangani baik dalam bentuk darurat.
“Tidak bisa lagi ditimbun-timbun atau diberonjong karena kondisi kedalaman amblas cukup dalam mencapai lebih dari 10 meter, ini harus benar-benar membuat jalan baru dengan cara mengikis bagian atas jalan,”ujarnya.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten OKU Selatan Ir Sudirman MM mengaku sudah mengetahui bahkan ia sudah turun langsung pagi kemarin bersama anggota DPRD OKU Selatan Jauhari Adibaya mengecek lokasi jalan terputus di desa Sukarna kecamatan Tigadihaji tersebut.
“Sudah kita cek tadi pagi (kemarin red) dan sudah bisa dilalui, soal anggaran belum teranggarkan, yang ada hanya anggaran sifatnya tanggab darurat sebesar Rp200 juta untuk tahun 2013. Sudah dianggarkan sedang untuk perbaikan permanen belum,”ujarnya dihubungi koran ini mengaku sedang dilapangan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel