News Update :

Dinkes Bakal Rekrut Ratusan Bidan PTT

Untuk mengisi kekosongan bidan desa (Bindes) di sejumlah desa di Kabupaten OKU Selatan, dinas kesehatan Kabupaten OKU Selatan akan merekrut bidan dari pegawai tidak tetap  (PTT). Setidaknya lebih dari seratus bidan akan drekrut dalam waktu dekat ini untuk memenuhi kebutuhan bindes tersebut.
“Sesaui rencana  kebutuhan perekrutan bidan PTT mencapai lebih dari  seratus bidan, termasuk 10 dokter diantaranya 6 dokter umum dan 4 dokter  gigi,”kata kepala dinas kesehatan Kabupaten OKU Selatan Herman Azedi ditemui kemarin.
Dikataknnya, perekrutan bidan PTT ini saat ini masih dalam proses tahapan pengajuan anggaran ke DPRD OKU Selatan pada anggaran perubahan tahun 2013 dan alhamdulillah sudah mendapat persetujuan, tinggal menunggu ketok palu dari Dewan. Setelah proses anggaran ini selesai pihaknya mulai akan melaksanakan perekrutan, karena sesuai petunjuk mulai oktober bidan PTT sudah mulai dihitung masa kerjanya. “Kita perioritaskan perekrutan  bidan  untuk tenga PTT ini, mereka yang berdomisili diwilayah desa atau sekitarnya dan ber KTP OKU Selatan dan sudah mengabdi di desa tersebut selama beberapa tahun terakhir,”kata herman Azedi. Sedang untuk dokter kita butuhkan dokter umum enam orang dan dokter gigi empat orang  yang juga siap ditempatkan diwilayah kerja yang ditentukan dinas kesehatan nantinya.
Harus diingat kata Herman Azedi, jika pengangtakan bidan dan dokter PTT ini, melalui kebijakan pemerintah Kabupaten OKU Selatan  semata untuk mengisi keksosongan bidan di desa dan untuk membantu keseimbangan antara perekonomi bindes terhadap tugas dan tanggung jawabnya yang berat selama ini sebagai tenaga skuraela   (TKS) di desa.
PTT ini, tidak menjamin diangkat menjadi PNS, tetapi didalam kebijakan pemerintah Kabupaten,  melalui PTT ini pemerintah memberikan perhatian melalui honor sebagai imbalan akan tanggung jawab bidan desa yang bertugas selama ini sebagai tenaga sukarela,”tandasnya.
Sementara itu sebelumnya Ia Dinas kesehatan merilis, jika ratusan bidan desa yang tersebar di Kabupaten OKU Selatan statusnya tidak lebih sebagai tenaga kerja sukarela (TKS). Kondisi demikian sangatlah kontras dengan tugas  berat yang mereka jalankan sebagai pelayan terdepan masyarakat dalam medapatkan akses pelayanan kesehatan, khusunya untuk menekan angka kematian ibu dan anak dipedesaan.
Ratusan Bidan Desa ini tak diberi sedikitpun penghargaan, setidaknya dari 252 desa dan 7 kelurahan yang ada di Kabupaten OKU Selatan, jumlah bidan desa yang bersetatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga  PTT dari kementrian Kesehatan sebanyak 234 orang. Jumlah ini lanjut di tempatkan tersebar disejumlah desa dan seluruh unit pelaksana teknis dinas (UPTD) Puskesmas se Kabupaten OKU Selatan. Sedang 120 desa diantarannya ditempati bidan desa yang besetatus tenaga kerja sukarela (TKS).
95 orang diantara bidan tersebut ditempatkan di 19 UPTD Puskesmas, jika dihitung jumlah desa yang kini ada bidan desanya dari 252 desa baru mencapai  139 desa. Selebihnya diisi dengan tenaga sukarela yakni sebanyak 120  desa.
Share this Article on :
Comments
0 Comments

0 komentar:

 

© Copyright 2013 | DESIGN BATURAJA INDO WEB Jasa pembuat website dan Blog murah .