News Update :

44 Desa Rawan Banjir


OKUS
OKU SELATAN - Berdasarkan data Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten OKU  Selatan terdapat 44 desa yang berada di daerah aliran sunguai (DAS) dari 21 sungai yang tersebar masuk dalam katagori rawan bencana banjir.
Dari 44 desa tersebut yakni, di daerah aliran sungai komering terdapat 11desa rawan terkena banjir, diantaranya Kelurahan Muaradua, Desa Tekana, Tanjung Beringin, DamarPura, Jagaraga, Lubar, Tanjung Sari. Untuk di aliaran sungai Selabung terdapat delapan desa rawan banjir diantaranya Desa Kota Agung, Karang Pendeta, Kuripan I dan Kuripan II, Sukabanjar, Sukaraja Ngepah dan Desa Gunung Tiga. 
Di daerah aliran sungai Saka, ada sedikitnya empat desa rawan banjir, yakni desa kota Karang, Desa Madura, Negeri Batin dan Negeri Agung. Di bantaran sungai kuning tiga desa yakni Desa Pulau Beringin Tanjung Iman dan Desa Karang Pendeta. sementara di aliran sungai Singau satu desa yakni  Desa Tanjung Menang Ilir.
“Hasil pendataan yang kita lakukan, ada sekitar 44 desa yang ada di sepanjangan bantaran sungai rawan, akan banjir,” kata Mahpi  Kepala BPBD OKU Selatan
Masih Kata Mhapi, di DAS air kisam, terdapat empat desa rawan akan banjir yaki desa Muarapayang, Siring Agung, Ulak Pandan  dan Desa Kota Padang, sedang di DAS air air telemo terdapat tiga desa, yakni Desa Kotaway, Desa Tanjung Menang, dan Desa Suber Raya. Sedang di aliran air gilas hanya satu desa yakni Desa Tanjung Kurung.
Untuk Sungai Luas ada tiga desa rawan banjir yakni Desa Muarasindang Ilir, Desa Muarasindang Tengah dan  Desa Cokohnau. sementara di daerah aliran sungai Sungai Are terdapat dua desa pula yakni Desa Ujanmas, dan Desa Pulau Kemuning.
Di aliran sungai Semanye dan aliran sungai Teriti, masing-masing satu desa yakni Desa Teluk Agung,dan Desa Sinar Marga. "Dari ke-44 desa ini paling rawan banjir adalah desa yang terletak di bantaran sungai komering dan sungai saka, mengingat kedua sungai ini pernah merendam puluhan rumah," kata Mahpi. 
Share this Article on :
Comments
0 Comments

0 komentar:

 

© Copyright 2013 | DESIGN BATURAJA INDO WEB Jasa pembuat website dan Blog murah .