Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Penyaluran BLSM Tidak Tepat Sasaran

Penyaluran bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) kepada masyarakat miskin di Kabupaten OKU Selatan dinilai tidak tepat sasaran. Hal tersebut berdasarkan banyaknya temuan serta pengaduan masyarakat. Salah satunya diutarakan Sardi, Warga Kelurahan Bumi Agung yang berprofesi sebagai buruh upahan di pasar ini, dirinya tidak mendapatkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) untuk mencairkan dana bantuan BLSM. Padahal dirinya layak mendapatkan bantuan pemerintah tersebut.
“Saya tidak tahu, kenapa tidak mendapatkan BLSM. Juga banyak disekitar saya yang memang kekurangan juga tidak mendapatkan bantuan,” keluhnya.
Diceritakan ayah dari 4 orang anak ini, setiap hari dia bekerja sebagai buruh di pasar. Sedangkan istrinya berprofesi sebagai buruh rumah tangga yang sehari-hari hanya mendapatkan upah sebesar Rp35 ribu untuk memberi nafkah setiap hari keluarganya.
Lurah Batu Belang Jaya, Muaradua, Hairul Anwar SSos ditemui koran ini menjelaskan, jumlah warganya yang mendapatkan KPS berjumlah 58 orang yang tersebar di 11 lingkungan dalam kelurahan itu. Menurut dia, pihaknya tidak mengetahui pendataan yang dilakukan, dan hanya menerima data dari kecamatan yang dibagikan Kantor Pos Muaradua.
“Mengenai tepat atau tidak sasaran penerima BLSM, kami kurang tahu pasti. Sebab pendataan bukan dilakukan pihak kelurahan,” bebernya.
Terkait hal ini juga, Kepala Cabang Kantor Pos Muaradua Nadirsyah Tanzili mengatakan, kewenangan PT Pos Indonesia hanya dalam hal pendristribusian KPS kepada penerima. Sedangkan penentuan nama penerima ditentukan pemerintah.
“Kami hanya mendistribusikan saja. Mengenai mekanisme pendataan penerima itu kewengan pemerintah. Jadi kita tidak mengetahui tepat atau tidak penerima,” tukasnya.
Dari pantaun koran ini di lokasi pembagian KPS memang terlihat, banyak warga penerima BLSM yang datang ke kantor pos mengendarai sepeda motor. Bahkan sebagian ibu-ibu terlihat dengan penampilan yang tidak menyerupai orang susah dan mengenakan perhiasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel