News Update :

Pembangunan Booster Kurang Dana

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Saka Selabung terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan air bersih. Salah satunya, melakukan pembangunan air baku di Desa Kota Batu, Warkuk Ranau Selatan. Pembangunan sendiri ditargetkan selesai sebelum lebaran idul fitri mendatang.
Hanya saja, pembangunan air baku di kecamatan tersebut mengalami kendala karena anggaran sebesar Rp2.3 Miliar yang dialokasikan, ternyata kurang ketika pembangunan sedang berlangsung. Sedangkan persediaan dana tidak ada lagi.
Direktur PDAM Tirta Saka Selabung, Hendra Gunawan menjelaskan, tahap pertama pembangunan air baku sudah berjalan sejak awal Juni 2013. Adapun pembangunan tahap pertama ini meliputi perpipaan dengan kapasitas 30 liter air per detik.
"Selain itu, tahap pertama ini juga meliputi pembuatan bendungan, pembuatan pipa, dan pembuatan booster. Begitu selesai, baru memasuki pembangunan tahap kedua alias tahap akhir," kata Hendra.
Pemasangan pipanisasi sendiri ujarnya, saat ini masih berjalan. Pemasangan pipa sendiri dengan panjang lebih dari 3 kilo meter dengan diameter 8 inchi. Dari Desa Bedeng Tiga ke kantor camat Warkuk Ranau Selatan. Pembangunan tahap pertama dianggap selesai bila pembangunan boosternya kelar. Booster sendiri berfungsi sebagai tempat penampungan air yang diambil dari sungai.
Dijelaskannya, pembangunan air baku di Kota Batu bertujuan untuk mengalirkan air ke seluruh desa yang ada di Warkuk Ranau Selatan. Sebab, PDAM sendiri sudah tidak mampu mendistribusikan air di wilayah Warkuk Ranau Selatan.
“Pembangunan masih berlangsung, namun dana yang kita miliki ternyata tidak mencukupi. Namun saya tetap optimis pembangunan tahap awal kelar,” ujarnya.
Nah, guna menutupi kekurangan dana dalam pembangunan air baku tahap ke dua, pihak PDAM Tirta Saka Selabung berencana mengajukan permohonan bantuan dana kepada pemerintah provinsi Sumsel.

“Kami akan ajukan permohonan bantuan dana ke provinsi karena ini untuk kepentingan masyarakat banyak," pungkasnya.
Share this Article on :
Comments
0 Comments

0 komentar:

 

© Copyright 2013 | DESIGN BATURAJA INDO WEB Jasa pembuat website dan Blog murah .