Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

KEINDAHAN GUA HARIMAU

Gua Harimau

Keindahan Desa Padang Bindu Kecamatan Simidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menyimpan sejumlah cerita legenda kehidupan manusia dimasa lampau, tak hanya legenda gua putri yang terkenal karena kutukan atau sumpah pendekar sakti Serunting Sakti yang dikenal sebagai Si Pahit Lidah. Jauh dari semua itu terdapat kisah kehidupan lain, salah satunya Gua Harimau yang berjarak satu kilo meter dari gua putri.
Gua Harimau selintas terlihat biasa saja, untuk menjangkaunya harus  berjalan kaki sekitar satu jam dari Desa Padang Bindu, medannya tergolong berat karena mendaki dan menurun dengan kemiringan 60 derajat hingga 90 derajat. Dengan bibir gua dan ruang goa mencapai 40-50 meter serta langit-langit atap gua harimau yang mencapai 20-35 meter
Selain itu bagi yang belum terbiasa melintasi jalan menuju Gua Harimau harus ekstra hati-hati terutama setelah hujan turun karena jalannya sangat sempit terdiri dari bebatuan yang licin.
Keindahan lain disekitar gua harimau yakni sekitar 300 meter dari gua mengalir anak sungai yang jernih bernama Sungai Haman, menariknya lagi ditas Sungai Haman terdapat  Karang Jung (menyerupai kapal kecil terbuat dari batu). Pemandangan sekitar gua memang menakjubkan karena semua batu yang ada didalam gua seperti menceritakan pristiwa masa lampau, ada batu besar sebesar pondok menyerupai tengkorak manusia, ada yang menyerupai kepala hewan.
Berdasarkan penuturan warga Desa Padang Bindu gua harimau merupakan gua yang menjadi sarang sekumpulan harimau yang hidup disekitar hutan tersebut. Di sekitar gua masyarakat juga sering menemukan tulang belulang yang diduga tewas dimakan harimau, sejak itu juga masyarakat tidak pernah berani mendekati gua, selain itu gua harimau ada bebera gua lain yang berada dekat seolah mengeliling gua putri seperti gua selabe, gua akar, serta beberapa gua yang belum diketahui namanya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel